UTM

Universal Testing Machine adalah sebuah mesin pengujian untuk  menguji tegangan tarik dan kekuatan tekan bahan atau material. Universal  Testing Machine dikenal sebagai Universal Tester, Materials Testing Machine (mesin tes material) atau Materials Test  Frame (mesin tes rangka). Mesin pengujian ini dapat melakukan proses tekanan atau tarik menarik sesuai standar dan tes kompresi pada bahan, komponen, dan struktur.

Universal Testing Machine beroperasi dengan proses memberikan gaya tekan atau gaya tarik terhadap bahan atau material yang sedang dalam masa peng-ujian. saat melaksanakan pengujian tekan atau tarik terhadap material, biasanya diperlukan alat uji pendukung yang lainnya. Alat uji itu dipasang pada mesin penguji dengan gaya tekan atau gaya tarik yang semakin bertambah besar akhirnya menekan atau menarik pada material yang sedang diuji, sehingga menghasilkan material ini akan menjadi lebih pendek atau panjang. Setelah itu Universal Testing Machine memberikan informasi mengenai seberapa besar pengukuran yang akan diuji terhadap bahan atau material, sesuai dengan keinginan serta standarisasi peng-ujian.

Pengujian material yang bersifat fisis dan mekanik, suatu bahan atau material misalnya bahan polimer atau lainnya. Secara umum pengujian yang menggunakan Universal Testing Machine (UTM) adalah uji  tarik (tensile test) dan uji tekan (compression test).
Pengujian yang setipe dengan uji tarik adalah uji sobek (tear test), uji geser (shear test), uji kelelahan (weariness test), dan uji kelupas (peel test). Sedangkan pengujian yang sejenis dengan uji tekan adalah uji lentur (flexural test).

Universal Testing Machine dapat menguji  bahan atau material padat, seperti  plastik, logam,besi,alumunium, kayu, tali, benang, dan kertas.
Parameter yang dihasilkan Universal Testing Machine baik untuk uji tarik maupun uji tekan adalah modulus elastisitas (modulus Young),  menghasilkan kekuatan (yield strength), kuat maximum tekan/tarik (ultimate strength), kekuatan putus (break strength), menghasilkan regangan (yield strain), regangan di titik maksimum tekan/tarik (ultimate strain), regangan putus (break strain atau elongation at break).

Data yang langsung diperoleh dari Universal Testing Machine ini adalah perubahan panjang sampel terhadap setiap besar gaya yang diberikan. Hasil ini akan dikonversikan ke dalam bentuk grafik strain-strength. Data awal inilah yang kemudian dianalisa lebih lanjut menggunakan komputer untuk mendapatkan parameter-parameter yang sebelumnya telah didapatkan.

Anda dapat mengoptimalkan pengujian yang anda lakukan dengan menggunakan Universal Testing Machine seri GT-700-LAS-100, seri GT-700-LAS-100 pembukaan kepala-silang servis kontol Universal Testing Machine. mesin pengujian mayoritas diterapkan dengan kekuatan ketegangan, kompresi, tekuk, geser, robek, mengelupas, pecah, torsi dan bukan logam-logam keras, dll Dari berbagai bahan atau material, produk setengah jadi mau pun barang jadi. Faktor yang terpenting pada sektor pabrik yaitu untuk melakukan kontrol kualitas,organisasi akademik, menguji serta meng-evaluasi sifat fisik bahan baku atau material, dan mengembangkan ilmu material.